Jambu Dersono (Syzygium malaccense)


Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Myrtales
Famili: Myrtaceae (suku jambu-jambuan)
Genus: Syzygium
Spesies: Syzygium malaccense 
Gambar: Pohon Syzygium malaccense

Tumbuhan ini berbentuk pohon. Batang jelas terlihat, berkayu (lignosus), berbentuk silindris, permukaan batang pecah-pecah, batang berwarna coklat kemerahan. Arah  tumbuh batang tegak lurus dengan percabangan simpodial, arah tumbuh cabang ada yang condong ke atas ada pula yang mendatar.
Daun (folium) tergolong daun tunggal yang tidak lengkap. Pada suatu daun tidak lengkap terdiri atas beberapa bagian yaitu:
  1. Tangkai daun (petiolus),
  2. Helaian daun (lamina).

Pertulangan daun menyirip. bagian ibu tulang daun (costa) memanjang dari pangkal daun hingga ujung daun dan dari costa keluar kesamping tulang-tulang cabang (nervus lateralis) sehingga mengingatkan kita pada sirip-sirip ikan.

Gambar: Bagian-bagian daun Syzygium malaccense




Daun tunggal terletak berhadapan, berbentuk memanjang (oblongus), karena memiliki panjang : lebar = 2,5-3 : 1 (25-30 x 7-10 cm) dengan tangkai pendek 1-1,5 cm, yang tebal dan kemerahan ketika muda. Memiliki daun bertepi rata (integer), daging daun coriaceus. Permukaan daun licin (laevis) dan mengkilat (nitidus). Ujung daun meruncing (acuminatus), ujung daun nampak sempit, panjang, dan runcing. Pangkal daun tumpul (obtusus), karena membentuk sudut tumpul (lebih besar dari 90o). Tangkai daun berbentuk silindris dan tidak menebal pada bagian pangkalnya.

Gambar: Daun Syzygium malaccense

Manfaat Syzygium malaccense:

Buahnya dimakan segar sebagai buah meja, rasanya manis tetapi kadang-kadang sedikit kesat. Kulit kayu, daun dan akarnya dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Kayunya dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS