Daun

Daun merupakan salah satu organ tumbuhan yang tumbuh dari batang, umumnya berwarna hijau (mengandung klorofil) dan terutama berfungsi sebagai penangkap energi dari cahaya matahari melalui fotosintesis. Daun merupakan organ terpenting bagi tumbuhan dalam melangsungkan hidupnya karena tumbuhan adalah organisme autotrof obligat, ia harus memasok kebutuhan energinya sendiri melalui konversi energi cahaya menjadi energi kimia.
Daun-daun yang lengkap mempunyai bagian-bagian berikut:
  1. Upih daun atau pelepah daun (vagina),
  2. Tangkai daun (petiolus) , dan
  3. Helaian daun (lamina) .
Gambar: A. Daun lengkap; B. Daun tidak lengkap
Daun lengkap dapat kita jumpai pada tumbuhan berbiji, misalnya: pohon pisang (Musa paradisiacal L). Kebanyakan tumbuhan mempunyai daun yang hanya memiliki satu atau dua bagian tersebut di atas. Daun yang demikian dinamakan daun tidak lengkap. Upih daun atau pelepah daun hanya dapat kita jumpai pada tumbuhan monokotil.

Daun tidak lengkap dapat ditemui pada beberapa tumbuhan berbiji di Kebun Buah Mangunan misalnya: kuweni (Mangifera odorata), durian (Durio zibethinus Murr), belimbing manis (Averrhoa carambola L), jambu dersono (Syzygium malaccense), jambu biji (Psidium guajava L.), jambu mete (Anacardium occidentale L.), jambu air (Eugenia aquea), papaya (Carica papaya), rambutan (Nephelium lappaceum L.), dan lain-lain. Daun pada masing-masing tumbuhan berbiji memperlihatkan beberapa persamaan dan perbedaan bentuk. Persamaan dan perbedaan bentuk daun tumbuhan berbiji di Kebun Buah Mangunan menjadi dasar pembuatan klasifikasi buatan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS