Kegiatan 2

KEGIATAN 2

Tujuan :
Mengelompokkan 23 tumbuhan berbiji di Kebun Buah Mangunan dan mengetahui dasar pengelompokannya.

Tempat  Praktik Lapangan :
Kebun Buah Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul.

Sumber Pustaka :
  1. Gembong  Tjitrosoepomo. 2005. Morfologi tumbuhan. UGM Press. Yogyakarta.
  2. Sudarsono, dkk. 2005. Taksonomi Tumbuhan Tinggi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY.
  3. Sumber-sumber lain yang relevan.
Alat dan Bahan :
Alat :
            Alat tulis

Bahan :
Hasil pencandraan 23 tubuhan berbiji di Kebun Buah Mangunan pada Kegiatan 1

Cara Kerja :
  1. Perhatikan hasil pencandraan pencandraan Anda terhadap 23 jenis tumbuhan berbiji yang ada di Kebun Buah Mangunan (Kegiatan 1)!
  2. Kelompokkan tumbuhan yang memiliki batang berkayu dan masukkan ke dalam kelompok 1a, dan yang tidak memiliki batang tidak berkayu masukkan ke dalam kelompok 1b!
  3. Pada kelompok 1a, dikelompokan berdasarkan perawakan, tumbuhan yang perawakannya berupa pohon dimasukkan ke dalam kelompok 2a, kelompok tumbuhan perawakannya berupa perdu dimasukkan ke dalam kelompok 2b!
  4. Pada kelompok 1b, dikelompokkan berdasarkan ada tidaknya upih daun, tumbuhan yang memiliki upih daun dimasukkan ke dalam kelompok 3a, dan tumbuhan yang tidak memiliki upih daun dimasukkan ke dalam kelompok 3b!
  5. Pada kelompok 2a, dikelompokkan berdasarkan susunan daun, tumbuhan yang memiliki daun majemuk dimasukkan ke dalam kelompok 4a, dan tumbuhan yang tidak memiliki daun tunggal dimasukkan ke dalam kelompok 4b!
  6. Pada kelompok 2b, dikelompokkan berdasarkan tepi daun, tumbuhan yang memiliki daun bertepi rata dimasukkan ke dalam kelompok 5a, dan tumbuhan yang memiliki daun bertepi tidak rata dimasukkan ke dalam kelompok 5b!
  7. Pada kelompok 3a, dikelompokkan berdasarkan susunan tulang daun, tumbuhan yang memiliki tulang daun menyirip dimasukkan ke dalam kelompok 6a, dan tumbuhan yang memiliki tulang daun sejajar dimasukkan ke dalam kelompok 6b!
  8. Pada kelompok 3b, dikelompokkan berdasarkan susunan daun, tumbuhan yang memiliki daun tunggal dimasukkan ke dalam kelompok 7a, dan tumbuhan yang memiliki daun tunggal dimasukkan ke dalam kelompok 7b!
  9. Pada kelompok 4a, dikelompokkan berdasarkan permukaan daun, tumbuhan yang memiliki permukaan daun mengkilat dimasukkan ke dalam kelompok 8a, dan tumbuhan yang memiliki permukaan daun berbulu halus dimasukkan ke dalam kelompok 8b!
  10. Pada kelompok 4b, dikelompokkan berdasarkan permukaan daun, tumbuhan yang memiliki permukaan daun mengkilat dimasukkan ke dalam kelompok 9a, dan tumbuhan yang memiliki permukaan daun tidak mengkilat dimasukkan ke dalam kelompok 9b!
  11. Pada kelompok 5a, dikelompokkan berdasarkan bentuk daun, tumbuhan yang memiliki daun berbentuk bulat telur dimasukkan ke dalam kelompok 10a, dan tumbuhan yang memiliki daun berbentuk jorong dimasukkan ke dalam kelompok 10b!
  12. Pada kelompok 5b, dikelompokkan berdasarkan tepi daun, tumbuhan yang memiliki tepi daun beringgit dimasukkan ke dalam kelompok 11a, dan tumbuhan yang memiliki tepi daun bercangap dimasukkan ke dalam kelompok 11b!
  13. Pada kelompok 7a, dikelompokkan berdasarkan susunan tulang daun, tumbuhan memiliki tulang daun menjari dimasukkan ke dalam kelompok 12a, dan tumbuhan yang memiliki tulang daun menyirip dimasukkan ke dalam kelompok 12b!
  14. Pada kelompok 8a, dikelompokkan berdasarkan bentuk daun, tumbuhan yang memiliki daun berbentuk bulat telur dimasukkan ke dalam kelompok 13a, dan tumbuhan yang memiliki daun berbentuk bulat telur sungsang dimasukkan ke dalam kelompok 13b!
  15. Pada kelompok 9a, dikelompokkan berdasarkan ujung daun, tumbuhan yang memiliki ujung daun runcing dimasukkan ke dalam kelompok 14a, dan tumbuhan yang memiliki ujung daun tidak runcing dimasukkan ke dalam kelompok 14b!
  16. Pada kelompok 9b, dikelompokkan berdasarkan tepi daun, tumbuhan yang memiliki tepi daun bergerigi dimasukkan ke dalam kelompok 15a, dan tumbuhan yang memiliki tepi daun rata dimasukkan ke dalam kelompok 15b!
  17. Pada kelompok 14a dikelompokkan berdasarkan ujung daun, tumbuhan yang memiliki ujung daun membulat dimasukkan ke dalam kelompok 16a, tumbuhan yang memiliki ujung daun tumpul dimasukkan ke dalam kelompok 16b, dan tumbuhan yang memiliki ujung daun meruncing dimasukkan ke dalam kelompok 16c!
  18. Pada kelompok 15b, dikelompokkan berdasarkan permukaan daun, tumbuhan yang memiliki permukaan daun rugosus (berkerut) dimasukkan ke dalam kelompok 19a, dan tumbuhan yang memiliki permukaan daun glaber (gundul) dimasukkan ke dalam kelompok 19b!
  19. Pada kelompok 16b, dikelompokkan berdasarkan bentuk daun, tumbuhan yang memiliki bentuk daun memanjang dimasukkan ke dalam kelompok 18a, dan tumbuhan yang memiliki bentuk daun jorong dimasukkan ke dalam kelompok 18b!
  20. Pada kelompok 16c, dikelompokkan berdasarkan daging daun, tumbuhan yang memiliki daging daun seperti kulit/belulang dimasukkan ke dalam kelompok 19a, dan tumbuhan yang memiliki daging daun tipis tetapi cukup kaku dimasukkan ke dalam kelompok 19b!
  21. Masukkan hasil pengelompokkan 23 tumbuhan berbiji ke dalam *)diagram seperti berikut!

*)Klik untuk melihat diagram dengan jelas



Pertanyaan :
  1. Dari kegiatan 2 yang telah dilakukan, apa saja tanaman yang terdapat pada kelompok 1b, 3b, 7a, dan 12a?
  2. Kesimpulan apakah yang Anda peroleh setelah melakukan kegiatan ini?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS