Stroberi (Fragaria x ananassa)


Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Rosales
Famili: Rosaceae (suku mawar-mawaran)
Genus: Fragaria
Spesies: Fragaria x ananassa 

Gambar: Pohon Fragraria x ananassa


Tinggi pohonnya antara 20 cm - 30 cm, batang tanaman stroberi memiliki ruas-ruas-ruas pendek dan berbuku-buku. buku-buku batang tertutup oleh sisi daun yang memiliki ketiak, biasanya tubuh stolon(anakan). Stolon ini berupa batang kecil yang tumbuh menjalar di atas permukaan tanah.
Gambar: Pohon Fragraria x ananassa

Gambar: Daun Fragraria x ananassa
Daunnya berbentuk trifoliate, dengan tepi daun bergerigi (serratus), daging daun seperti kertas (papyraceus atau chartaceus). 

Manfaat Fragraria x ananassa :
Buah ini rendah kalori, juga memiliki jutaan kandungan antioksidan yang disebut dengan fenol. Fenol memberikan efek warna yang memikat pada stroberi, juga mengisinya dengan zat yang memberikan perlindungan pada hati, serta zat antikanker, dan antiinflamasi. Satu cangkir buah ini menyediakan lebih dari 125 persen dari anjuran konsumsi harian vitamin C. Memiliki vitamin C dalam jumlah yang tinggi dalam darah akan membakar lebih banyak lemak. Selain memiliki kadar vitamin C yang tinggi, stroberi juga bisa melancarkan pembuluh darah serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Stroberi juga berkhasiat mengurangi efek dari penyakit Alzheimer. Stroberi juga dapat diolah menjadi beraneka makanan.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS